Manado (ANTARA News) - Menkokesra Agung Laksono dan Menkes Nafsiah Mboi akan mengunjungi lokasi bencana di Kota Manado, Sulawesi Utara esok Sabtu, kata Wakil Gubernur Sulawesi Utara Djouhari Kansil.

"Kedatangan Menkokesra dan Menkes ke daerah ini akan dijemput Gubernur Sinyo Harry Sarundajang, unsur Forkopimda serta instansi terkait di Bandara Sam Ratulangi," kata Djouhari Kansil saat memimpin rapat koordinasi di Posko Penanggulangan Bencana Provinsi, Manado, Jumat.

Djouhari Kansil mengatakan, seluruh penyaluran logistik termasuk pelayanan informasi tanggap darurat Pemprov Sulawesi Utara harus terkoordinasi melalui Posko Penanggulangan Bencana Provinsi di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulawesi Utara.

Khusus persiapan kunjungan Menkokesra dan Menkes, Djouhari mengharapkan Dinas Kesehatan membuat peta posko pelayanan kesehatan di titik-titik lokasi bencana.

Sementara di kantor BPBD Sulawesi Utara, Djouhari mengharapkan pemetaan sebaran bencana, serta penempatan personel di setiap titik lokasi bencana di lima Kecamatan di Manado, Tomohon dan Minahasa.

"Ini penting dilakukan agar pendistribusian logistik lebih terkoordinasi baik, di samping penyampaian informasi kepada masyarakat lebih cepat dan akurat," katanya.

Dia mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan mendesak warga korban bencana pemerintah provinsi sejak Kamis telah menyalurkan bantuan 28 mesin, makanan siap saji, obat-obatan, perlengkapan bayi dan ibu hamil, selimut, air bersih dan bahan bakar dari Dinsos dan Dinkes.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014