Permasalahan banjir adalah masalah bersama yang harus ditangani oleh semua pihak,"
Bekasi (ANTARA News) - Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri menilai persoalan banjir yang melanda sejumlah kawasan perlu ditangani secara terintegrasi oleh masih-masing pemerintah daerah.

"Permasalahan banjir adalah masalah bersama yang harus ditangani oleh semua pihak," ujar Salim usai mendistribusian bantuan bagi korban banjir di Bekasi Timur, Kota Bekasi, Jawa Barat, Minggu.

Menurut dia, diperlukan upaya koordinasi oleh setiap pimpinan daerah dalam menangani persoalan banjir agar solusi yang dihadirkan lebih maksimal.

"Penyelesaian masalah banjir memang masalah bersama yang harus ditangani oleh semuanya. Untuk itu, Kementerian Sosial sendiri memang ditugaskan untuk memberikan perhatian pada darurat bencana," katanya.

Dalam kunjungannya ke Kota Bekasi, Salim membawa bantuan senilai Rp702 juta dari Kemensos berupa 500 matras, 200 tenda, 1.000 paket lauk pauk, 250 paket family kit, 150 paket kidsware, 250 paket foodware, 500 paket peralatan dapur, dan 500 paket sandang.

Rencananya tiga bantuan yang diangkut tiga truk besar itu akan disebarkan di 19 titik banjir terparah di Kota Bekasi.

"Itu biar dari daerah yang atur nantinya kemana saja bantuan dari pusat ini akan di bagikan," katanya.

Secara keseluruhan, anggaran bantuan yang disiapkan oleh Kemensos bagi bencana alam yang terjadi di Indonesia adalah Rp400 miliar. Dalam penyaluran bantuan, pihak Kemensos telah berkordinasi dengan tim tanggap bencana yang ada di masing-masing provinsi.

"Bantuan yang disiapkan 80 persen merupakan bentuk fisik seperti tenda dan perahu karet, sementara 20 persennya adalah berupa logistik atau makanan," katanya.(*)

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014