Kiev (ANTARA News) - Presiden Ukraina Viktor Yanukovych memerintahkan pembentukan sebuah komisi khusus untuk menyelesaikan krisis politik yang menggoyang negara saat bentrokan berkecamuk di Kiev.

Yanukovych mengatakan komisi akan dibentuk oleh Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Andriy Klyuyev dan akan mencakup perwakilan kabinet, pejabat administrasi kepresidenan serta oposisi.

Dia juga memerintahkan bahwa pertemuan pertama dengan oposisi berlangsung Senin.

Kelompok kerja itu akan "mengkaji isu yang menjadikan timbulnya krisis politik," demikian pernyataan yang dikleluarkan kepresidenan, tanpa memberikan rincian lebih lanjut.

Prakarsa ini pertama kali diumumkan setelah pertemuan antara Yanukovych dan juara tinju yang kini menjadi pemimpin oposisi Vitali Klitschko di kediaman presiden Mezhygirya di luar Kiev.

"Presiden berjanji untuk membentuk komisi itu Senin pagi dengan perwakilan dari pemerintahan presiden, kabinet dan oposisi untuk menemukan solusi terhadap situasi krisis yang dihadapi saat ini," partai Klitschko mengutip pernyataan presiden setelah pertemuan, demikian laporan AFP.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014