Muntok (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan kesiapan logistik untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum 2014 sudah mecapai 90 persen.

"Bilik dan kotak suara sudah kami terima dari KPU Provinsi Babel beberapa waktu lalu, selain itu sampul dan peralatan pendukung yang dibutuhkan dalam bilik juga sudah siap," ujar komisioner KPU Kabupaten Bangka Barat Pardi di Muntok, Senin.

Ia mengatakan, yang masih ada kekurangan atau belum selesai adalah sampul sebagai tempat beberapa blanko yang akan digunakan pada saat pelaksanaan pemungutan suara.

Menurutnya, kotak dan bilik suara yang pengadaannya di provinsi sudah diterima beberapa waktu lalu dan jumlahnya sudah mencukupi kebutuhan.

"Kami sudah terima kotak suara sebanyak 68 unit dan bilik suara sebanyak 143 unit, sedangkan untuk surat suara, segel, formulir kemungkinan akan didistribusikan sekitar Maret 2014," kata dia.

Menurutnya jumlah kotak dan bilik suara tersebut sudah cukup untuk menutup kekurangan logistik yang akan digunakan di 379 TPS yang tersebar di 64 desa/kelurahan di enam kecamatan seluruh Bangka Barat.

"Secara keseluruhan kami membutuhkan sebanyak 1.516 unit kotak suara, sementara kemarin yang kami miliki hanya 1.448 unit atau kurang 68 unit, sedangkan untuk bilik suara yang ada 1.373 unit atau kurang 143 unit," kata dia.

Terkait kotak dan bilik baru yang terbuat dari kardus, Pardi mengatakan, logistik itu cukip rawan karena dinilai mudah rusak baik rusak karena air atau terbakar karena material dasarnya dari kertas.

Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan buruk yang tidak diinginkan, kata dia, kotak dan bilik baru tersebut akan ditaruh di TPS yang berada paling dekat dengan Kantor KPU.

"Kemungkinan di Kelurahan Sungai Baru, Tanjung atau Sungai Daeng yang jaraknya tidak terlalu jauh dari Kantor KPU untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya kerusakan kotak suara," kata dia. (*)

Pewarta: Donatus Dasapurna Putranta
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014