Ya kami menghimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan aktivitas Sungai Ciliwung seiring hujan yang terus terjadi."
Bogor (ANTARA News) - Ketinggian permukaan air Sungai Ciliwung di Bendung Katulampa hingga Senin malam ini masih berstatus siaga empat banjir yakni 70 centi meter (cm).

Pantauan Antara selama satu hari ini, ketinggian air di Bendung Katulampa bertahap di level siaga empat banjir sementara itu kawasan Puncak dan Bogor terus dilanda hujan gerimis.

Menurut Petugas Pelaksana Harian Bendung Katulampa, Andi Sudirman, sejak pagi hingga siang ketinggian air bertahan 70 cm.

"Dari pagi sampai jam 10.00 WIB ketinggian masih 70 cm, sempat surut menjadi 60 cm meter siang hari. Namun kembali naik di 70 cm," ujar Andi.

Andi mengatakan, kondisi di kawasan Puncak masih terjadi hujan gerimis yang turun sejak pagi hingga malam ini.

Tidak hanya di kawasan Puncak, hujan gerimis juga melanda wilayah Kota dan Kabupaten Bogor selama 12 jam lebih.

Menurut Andi, sesuai dengan prakiraan BMKG, bahwa potensi hujan akan terus terjadi selama Januari hingga Februari mendatang.

"Ya kami menghimbau masyarakat untuk waspada dan berhati-hati dengan aktivitas Sungai Ciliwung seiring hujan yang terus terjadi," ujarnya.

Sementara itu, selama sepekan ini wilayah Kota dan Kabupaten Bogor terus dilanda hujan yang turun setiap saat pagi, sore dan malam hari. Selama hujan turun mendung terus menyelimuti wajah Bogor.

Selama tiga hari terakhir, status Bendung Katulampa dalam siaga banjir, seiring meningkatnya permukaan air Sungai Ciliwung akibat hujan yang terus mengguyur kawasan Puncak.

Ketinggian air tertinggi terjadi Jumat (17/1) yakni setinggi 180 cm atau siaga dua banjir. Hari berikutnya Sabtu(18/1) status Bendung Katulampa masih bertahan di siaga tiga banjir yakni 100 cm, dan hari ke ketiga Minggu (19/1) masih bertahan di status yang sama. Hingga hari ke empat status siaga empat masih diberlakukan. (LR)

Pewarta: Laily Rahmawati
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014