Kami menjamin, jika ada warga korban banjir yang sakit maka pengobatannya dijamin gratis."
Jambi (ANTARA News) - Wali Kota Jambi Sy Fasha mengatakan, Pemerintah Kota Jambi menjamin korban banjir di Kota Jambi yang sakit akan segera diobati secara gratis.

"Kami menjamin, jika ada warga korban banjir yang sakit maka pengobatannya dijamin gratis," kata Fasha, Senin di Jambi.

Saat ini dirinya telah mengeluarkan himbauan kepada Puskesmas, rumah sakit, swasta maupun pemerintah untuk menerima pasien korban banjir dan meminta agar rumah sakit itu tidak meminta pembayaran apa-apa bagi korban banjir.

"Surat edarannya akan kita keluarkan," katanya.

Selain berobat gratis di rumah sakit, Puskesmas dan posko yang disediakan di lapangan, wali kata juga menjamin selama terjadinya banjir, korban itu tidak boleh kelaparan dan tidak boleh ada anak yang tidak sekolah.

Sebab, kata Fasha, semua pasokan baik makanan maupun minuman sudah tersedia semua, karena itu tidak ada kata-kata korban banjir kelaparan.

Untuk menghadapi banjir ini, Pemkot Jambi, Pemprov Jambi, TNI, Polri dan instansi lainnya sudah siap, bahkan saat ini beberapa posko sudah didirikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Jambi Polisman Sitanggang mengatakan saat ini pihaknya sudah siap, bahkan pihaknya sudah membuat pemetaan dokter mana saja yang akan ditempatkan untuk posko-posko di lapangan.

Sesuai dengan intruksi Wali Kota Jambi, katanya, semua rumah sakit diminta untuk menampung semua korban banjir jika ada yang sakit.

"Kita tidak mau adanya kejadian seperti tahun-tahun sebelumnya, yaitu ada posko maupun Puskesmas menolak korban banjir untuk berobat. Karena itu wali kota intruksikan semua rumah sakit di Kota Jambi untuk menampung semua korban banjir yang sakit," kata Polisman.
 (NF/E003)

Pewarta: Nurul Fahmy
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014