Kinerja Plt Dirut akan dievaluasi dan diminta memberikan laporan. Harus ada target pengembangan kedepannya."
Tangerang (ANTARA News) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah memberhentikan Direktur Utama Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Benteng Ahmad Marju Kodri dan mengangkat Direktur Umum Toni Wismantoro sebagai pelaksana tugas badan usaha milik daerah tersebut.

"Hari ini saya memberhentikan Dirut PDAM Marju Kodri sebagai dirut dan mengangkat Toni Wismantoro sebagai pelaksana tugas," kata Arief di hadapan sejumlah pejabat teras PDAM TB seusai inspeksi mendadak, Senin.

Arief menuturkan, pemberhentian dilakukan atas dasar hasil laporan tim evaluasi dan temuan BPK RI Provinsi Banten tentang laporan hasil keuangan (LHP) dan penilaian "disclaimer" dalam dua tahun berturut-turut.

Lebih lanjut Wali Kota mengharapkan manajemen PDAM TB secara simultan mengevaluasi dan mengkaji kondisi ini secara berkelanjutan sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat kota Tangerang setelah selama dua tahun ini mengalami penurunan.

Wali Kota meminta kepada seluruh pegawai PDAM untuk meningkatkan profesionalisme kinerjanya dengan memfokuskan pada pelayanan kepada masyarakat agar dapat memberikan air bersih secara optimal.

Oleh karenanya, perlu langkah-langkah strategis dalam mengembangkan PDAM Kota Tangerang termasuk mengenai laporan keuangan.

"Kinerja Plt Dirut akan dievaluasi dan diminta memberikan laporan. Harus ada target pengembangan kedepannya," katanya.

Saat ini PDAM telah memberikan pelayanan air bersih kepada 26.499 pelanggan. Dengan adanya evaluasi, PDAM diharapkan mampu memberikan pelayanan air bersih secara optimal.

"Untuk jumlah pelanggan pun kedepannya agar terus bertambah. Begitu juga dengan kualitas air bersih," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin. (AIF/A013)

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014