Jakarta (ANTARA News) - Klub Spanyol Barcelona dilaporkan telah mengeluarkan 95 juta euro untuk merekrut Neymar musim panas lalu, lebih besar dari yang mereka katakan 57 juta euro, menurut surat kabar El Mundo yang mengaku melihat angka itu dari dokumen pengadilan.

Surat kabar yang berpusat di Madrid itu, seperti dikutip oleh ESPN, melaporkan bahwa dokumen yang bocor itu mengungkap detil tiga pembayaran jutaan euro berbeda untuk keluarga Neymar antara 2011 hingga 2013.

Ada beberapa pembayaran langsung ke ayah pemain internasional Brazil itu, kemudian ke mantan klubnya Santos, dan untuk membantu anak-anak di Sao Paolo.

El Mundo melaporkan bahwa total rincian seluruhnya 95 juta euro termasuk 40 juta euro untuk keluarga Neymar, 17 juta euro kepada Santos, 7,9 juta euro untuk hak tiga pemain muda Santos berikutnya (pembinaan), 9 juta euro untuk dua pertandingan persabatan kedua klub, 8,5 juta euro sebagai komisi untuk senior Neymar, 2,6 juta euro untuk fee agen lainnya, dan bonus penandatangan-kontak 10 juta euro.

Jika benar Barca membayar 38 juta euro lebih mahal dari yang mereka katakan, Neymar akan menjadi pemain termahal mengungguli pemain Real Madrid Cristiano Ronaldo, yang direkrut dengan biaya 94 juta euro, dan Gareth Bale yang menurut Madrid 91 juta euro, meskipun konsensus umum menyebut sebagai rekor 100 euro.

Pada Senin, sumber Barca mengatakan kepada Mundo Deportivo bahwa berita El Mundo adalah palsu. Barca sebelumnya mengatakan penyelidikan kesepakatan dengan Neymar "tidak terbukti" dan mengakui bahwa langkah perekrutan memang kompleks tapi bisa dinegoisasikan dengan trampil.

Minggu lalu, Neymar mengatakan "tidak ada yang ilegal" dalam kesepakatan itu, yang telah ditangani atas namanya oleh ayahnya sendiri.

Hakim Audiencia Nacional Pablo Ruz dilaporkan telah meminta salinan dokumen dari Santos dan FIFA saat mereka menyelidiki keluhan Jordi Cases yang menyebut bahwa presiden klub Sandro Rosell dan sesama anggota direksi tidak mengatakan yang sebenarnya mengenai transfer Neymar.

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014