... mereka melayani kesehatan masyarakat siang dan malam... "
Manado (ANTARA News) - Yayasan Buddha Suci Indonesia (YBSI) menyumbangkan 5.000 elpiji tabung tiga kilogram untuk para korban banjir bandang dan longsor di Kota Manado, Sulawesi Utara.

"Bantuan ini untuk meringankan beban masyarakat," kata Panglima Daerah Militer VII/Wirabuana, Mayor Jenderal TNI Bachtiar, selaku inisiator bantuan YBSI yang langsung didatangkan dari Jakarta itu, di Manado, Selasa.

Selain membantu elpiji tabung tiga kilogram, YBSI juga memberikan bantuan 1.500 sekop, 10.000 karung, empat set kompor, 48 unit gerobak serta dua kuali besar.

"Bantuan ini akan diserahkan kepada pemerintah kota untuk selanjutnya didistribusikan," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Manado, GS Vicky Lumentut, mengpresiasi YBSI yang mendatangkan bantuan langsung dari Jakarta ke Kota Manado dengan diinisiasi Pangdam Bachtiar yang .

"YBSI sudah tiga hari datang ke Manado dan memberikan layanan kesehatan dan berbagai bantuan lainnya. Di Kelurahan Singkil, Karame dan Ketang Baru mereka melayani kesehatan masyarakat siang dan malam," katanya.

Terkait dengan ketersediaan gas, Wali Kota Lumentut mengatakan masih memerlukan 25.111 elpiji tabung tiga kilogram, setara dengan jumlah kepala keluarga yang terkena bencana di kota ini.

"Pak gubernur akan menyediakan lima belas ribu, sementara lima ribu sisanya oleh YBSI. Pemerintah kota masih membutuhkan sekitar 5.000 tabung," katanya.

Pewarta: Karel A Polakitan
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014