Karawang (ANTARA News) - Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono menyalurkan bantuan logistik kepada Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, sebesar Rp1 milyar untuk penanggulangan bencana banjir di daerah tersebut.

Bantuan logistik itu disampaikan saat presiden meninjau Posko Pengungsian Kodim 0604/Karawang, di kompleks ruko Karawang Hijau, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Selasa.

Saat melakukan kunjungan ke Karawang, presiden yang didampingi isteri serta Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi disambut Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan dan Bupati Karawang Ade Swara.

Selain menyalurkan bantuan logistik untuk penanggulangan bencana banjir, di lokasi posko pengungsian presiden mendengarkan pemaparan gubernur dan bupati.

Dalam paparannya, bupati menyatakan kondisi di Karawang saat ini banyak daerah yang dilanda banjir. Selain bencana banjir, ada pula bencana longsor dan bencana puting beliung.

Menurut dia, dari laporan yang telah diterima, hingga kini banjir melanda puluhan ribu rumah di 176 desa yang tersebar di 26 kecamatan Karawang.

Banjir di Karawang terjadi akibat tingginya curah hujan yang dibarengi dengan meluapnya Sungai Citarum, Cibeet dan Sungai Cilamaya.

Selain merendam pemukiman warga, banjir di daerahnya juga merendam sejumlah titik jalan raya, gedung sekolah, areal pertanian, areal tambak, serta merendam areal pemakaman. (MAK)

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2014