Ini tidak adil, kalau penumpang yang telat gak ada toleransi, tapi kalau maskapai bisa seenaknya."
Jakarta (ANTARA News) - Setelah tertunda melakukan penerbangan sekira 2,5 jam, beberapa penumpang maskapai penerbangan Garuda Indonesia bernomor penerbangan GA 312 dari Bandara Soekarno Hatta tujuan Surabaya mengamuk dan sempat menggebrak meja petugas informasi di ruang tunggu.


"Ini sangat tidak profesional. Petugas tidak bisa mengambil sikap mengatur penumpang," kata salah seorang penumpang GA 312 yang seharusnya berangkat pukul 10.50 WIB di Bandara Soekarno-Hatta, Selasa siang.


Penumpang tersebut sempat menggebrak meja informasi dan meminta para petugas untuk lebih cekatan, karena terjadi antrean panjang penumpang menunggu kepastian jadwal penerbangan dari petugas darat Garuda Indonesia.


Yudha Sujendra sebagai salah seorang petugas Garuda Indonesia menyatakan, hal itu merupakan insiden keterlambatan pertama yang terjadi pada Selasa ini.


"Ini kejadian yang kita semua tidak inginkan. Ini bad image bagi kami. Kami sampai saat ini berusaha sebaiknya melayani para penumpang," kata Yudha.

Para penumpang tampak kecewa dan mengeluhkan keterbatasan informasi sekaligus penanganan keterlambatan (delayed) penerbangan mereka.

"Delayed-nya Garuda cukup mengejutkan karena selama ini Garuda merupakan penerbangan bergengsi nasional yang tidak pernah mengalami penundaan seperti ini. Ini patut dipertanyakan dan memprihatinkan," kata Jeis Montesori, salah seorang penumpang.

Ia menambahkan, "Kita harap saja ini bukan awal buruk bagi Garuda ke depan, di tengah-tengah kepercayaan masyarakat internasional terhadap Garuda."

Penumpang lain, yang enggan menyebut namanya, mengemukakan: "Ini tidak adil, kalau penumpang yang telat gak ada toleransi, tapi kalau maskapai bisa seenaknya."


Pesawat Garuda Indonesia GA 312 dijadwalkan berangkat dari bandar udara Soekarno-Hatta pada pukul 10.50 WIB, namun sempat diumumkan ada kendala teknis sehingga penerbangan ditunda hingga 30 menit.


Sebanyak 144 penumpang kemudian digiring menuju gerbang keberangkatan (boarding gate) dari F6 ke F1, setelah menerima makanan dan minuman ringan.


Namun, para penumpang sekira 30 menit kemudian kembali mendapat pengumuman bahwa mereka harus dibagi menjadi dua kelompok penerbangan.

Akhirnya, sebanyak 24 orang dipindah ke penerbangan GA 314 berangkat 12.30 WIB, dan 120 penumpang lain dipindah ke GA 316 berjadwal pemberangkatan pukul 13.30 WIB. (*)


Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014