"Kami mendoakan semoga para saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir diberikan kekuatan dan ketabahan, dan bencana ini cepat berlalu"
Jakarta (ANTARA News) - Toyota Indonesia dan PT Astra International Tbk (AI) memberikan bantuan perahu karet, alat berat, genset dan pompa bagi korban banjir di Jakarta dan Manado, melalui Palang Merah Indonesia (PMI).

Bantuan tersebut diserahkan langsung Presdir PT Toyota Astra Motor (TAM) Johnny Darmawan, Presdir PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Masahiro Nonami, dan Direktur AI Djoko Pranoto kepada Ketua PMI Jusuf Kalla, di Jakarta, Rabu.

Toyota memberikan bantuan  10 unit perahu karet kepada PMI, guna membantu lembaga kemanusian tersebut dalam proses evakuasi para korban bencana banjir yang menerjang sejumlah wilayah di tanah air sejak pertengahan Januari 2014.

"Kami mendoakan semoga para saudara-saudara kita yang menjadi korban banjir diberikan kekuatan dan ketabahan, dan bencana ini cepat berlalu," ujar Johnny.

Johnny menyampaikan masing-masing perahu karet yang diberikan mampu menampung enam orang penumpang. Masing-masing perahu karet juga dilengkapi dengan dua unit alat dayung dan enam unit jaket keselamatan.

"Melalui bantuan perahu karet ini, Toyota Indonesia dapat memberikan kontribusi dalam aktivitas kemanusiaan yang dilakukan oleh PMI, salah satunya melalui program Posko Bencana PMI," kata dia.

Selain bantuan alat operasional, Toyota juga memberikan donasi langsung kepada masyarakat sekitar lokasi bisnis Toyota di area Sunter, Jakarta Utara, dan Karawang, Jawa Barat, karyawan, dan pelanggan (melalui diskon biaya jasa dan suku cadang).

Sementara itu PT Astra International Tbk melalui program Nurani Astra juga menyerahkan bantuan operasional alat berat berupa dua unit wheel loader (WA 180), tiga unit dump truck, satu unit excavator (PC 128), dua unit excavator (PC 200), satu unit genset 30 kva, enam unit pompa alcon serta satu unit perahu karet untuk bencana banjir bandang di Manado yang terjadi pada tanggal 15 Januari lalu.

"Bantuan operasional alat berat ini diharapkan dapat bermanfaat untuk membantu membersihkan sisa–sisa tumpukan lumpur akibat banjir sehingga dapat mempercepat pemulihan infrastruktur pascabanjir di Manado," ujar Direktur AI Djoko Pranoto.

Sedangkan untuk banjir di Jakarta  Search and Rescue (SAR) Astra juga turun langsung membantu korban banjir dan membuka posko di Sunter, Puri Kembangan dan Bekasi Timur.  Astra memberi bantuan dalam tiga tahap mulai dari bantuan sandang pangan, peralatan sekolah, hingga penanganan pascabanjir yang disesuaikan dengan kebutuhan.

Pewarta: Rangga
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2014