Tripoli (ANTARA News) - Seorang pejabat perdagangan Korea Selatan yang diculik awal pekan ini di Tripoli telah dibebaskan oleh pasukan keamanan Libya, kata pemerintah Libya pada Rabu.

Kantor Berita Korea Selatan Yonhap melaporkan bahwa empat orang menculik Han Seok-woo, kepala hubungan perdagangan di Badan Promosi Investasi Perdagangan Korea, saat ia pulang kerja di ibu kota Libya Tripoli pada akhir pekan.

Kementerian Luar Negeri Libya mengatakan pada Rabu bahwa atase perdagangan tersebut telah dibebaskan oleh pasukan keamanan dengan kerja sama warga di lingkungan tempat ia ditahan.

Han sekarang telah berada di Kedutaan Korea Selatan dalam kesehatan yang baik.

"Orang-orang yang menculiknya tidak memiliki motif idealogi atau politik. Beberapa penculik te;ah ditangkap," kata juru bicara kementerian.

Tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penculikan Han, yang mengemban jabatannya pada Juli 2012.

Orang asing telah menjadi target di beberapa insiden baru-baru ini di negara itu, demikian seperti dilaporan Reuters.

Seorang guru Amerika ditembak mati di Benghazi pada Desember dan pada Januari, seorang pria Inggris dan seorang wanita Selandia Baru tewas dieksekusi di sebuah pantai di Libya barat.

Keamanan di Libya memburuk dalam dua tahun ini setelah penggulingan Muammar Gaddafi. Pemerintah berjuang untuk mengendalikan para mantan pemberontak, milisi dan gerilyawan di negara Afrika Utara yang luas dan masih dibanjiri senjata itu.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014