Dijadwalkan pada Jumat besok sudah distribusikan ke setiap desa setempat.
Ternate (ANTARA News) - Cuaca ekstrim yang kini melanda perairan Maluku Utara (Malut) tak menghambat pengiriman surat suara untuk pemungutan suara ulang pilkada Malut di Taliabo, Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) dari Ternate ke daerah itu.

"Pengiriman surat suara dan logistik lainnya untuk pemungutan suara ulang pilkada Malut di Taliabo telah dikirim dari Ternate ke daerah itu pada Rabu (22/1) bersamaan dengan pengiriman aparat keamanan dari Polda Malut," kata Ketua KPU Malut Muliyadi Tutupoho ketika dihubungi ANTARA dari Ternate, Kamis

Gelombang tinggi yang terjadi di perairan Malut tak menghambat kapal yang mengangkut surat suara tersebut dan sesuai laporan dari Kepsul surat suara itu telah sampai ke sana sejak Kamis pagi.

Ia mengatakan, surat suara tersebut setibanya di Kepsul akan langsung diantar pada tujuh kecamatan di Taliabo dan empat TPS di Sula Besi yang menjadi daerah pemungutan suara ulang.

"Dijadwalkan pada Jumat besok sudah distribusikan ke setiap desa setempat," tambahnya.

Pendistribusian surat suara tersebut mendapat pengawalan dari KPU, Panwaslu dan aparat keamanan, sehingga kemungkinan terjadinya penyimpangan atau hal-hal lain yang dapat merusak surat suara itu bisa dicegah.

Menurut Muliyadi Tutupoho, surat suara yang didistribusikan pada tujuh kecamatan di Taliabo dan empat TPS di Sula Besi tersebut sebanyak 33 ribu lebih, sudah termasuk tambahan 2,5 persen dari jumlah DPT riil untuk cadangan.

KPU Malut mengharapkan pemungutan suara ulang yang akan digelar pada 27 Januari 2014 sebagai tindaklanjut dari putusan Mahkamah Konstitusi (MK) atas sengketa hasil pilkada Malut putaran kedua tersebut, bisa berlangsung aman dan lancar serta sesuai dengan aturan yang berla ku.

Sebelumnya Kapolda Malut Brigjen Pol Sobri Effendy Surya mengatakan, pihaknya mengarahkan 700 lebih personel gabungan dari Polda dan TNI, belum termasuk yang ada di Polres Kepsul untuk pengamanan pemungutan suara ulang di Taliabo dan Sula Besi tersebut.

Hasil pemungutan suara ulang di Taliabo dan Sula Besi tersebut akan menjadi penentu apakah pasangan calon gubernur/calon wakil gubernur Ahmad Hidayat Mus-Hasan atau Abdul Gani Kasuba-Muhammad Naser Thaib sebagai pemenang pilkada Malut 2013-2018.

Pewarta: La Ode Aminuddin
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014