Kita belum pernah menghadapi banjir selama dan seluas ini di seluruh wilayah Indonesia. Investor sampai takut berinvestasi di Indonesia karena Indonesia dinilai tidak siap infrastrukturnya"
Jakarta (ANTARA News) - Para pengusaha merugi Rp200 miliar setiap hari akibat banjir, kata Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi.

"Jumlah kerugian akibat banjir semakin bertambah. Kalau kemarin-kemarin Rp100 miliar per hari, sekarang Rp200 miliar per hari," kata Sofjan di Jakarta, Jumat.

Menurut Sofjan, kerugian besar itu terjadi karena terhambatnya distribusi barang dan bahan baku bagi industri sehingga tidak jarang pengusaha harus membayar penalti atas keterlambatan pengiriman barang.

Sofjan menyebutkan, para pengusaha saat ini hanya memikirkan bagaimana cara meminimalisasir kerugian akibat banjir.

"Kita belum pernah menghadapi banjir selama dan seluas ini di seluruh wilayah Indonesia. Investor sampai takut berinvestasi di Indonesia karena Indonesia dinilai tidak siap infrastrukturnya," kata Sofjan.

Sofjan meminta pemerintah benar-benar mewaspadai kerugian yang terjadi akibat banjir karena menurut perkiraannya akan ada sejumlah penurunan investasi akibat banjir belakangan ini.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014