Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) hari ini  akan menemui Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar dan Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Pintu Air 10 Cisadane. Agenda pertemuan adalah untuk membicarakan penanggulangan banjir dan rencana sodetan kali Ciliwung-Cisadane.


Tidak hanya melakukan pendekatan pada Bupati dan Wali kota, pada Jumat (24/1) Jokowi telah menghubungi Wakil Gubernur Banten Rano Karno terkait rencana soal sodetan Ciliwung-Cisadane.

Jokowi mengatakan Rano Karno masih akan mengatur waktu terlebih dahulu untuk bertemy Jokowi membicarakan sodetan.


Rencananya sodetan tersebut nanti akan berbentuk terowongan besar atau populer disebut "deep tunnel" sepanjang 1,2 kilometer.


Berdasarkan kajian sementara Balai Besar Ciliwung Cisadane, dengan adanya sodetan, maka debit air di Ciliwung-Katulampa dari 780 meter kubik per detik berubah menjadi 490 meter kubik per detik.


Sementara debit air di Cisadane-Empang berubah dari 810 meter kubik per detik menjadi 970 meter kubik per detik serta Cisadane-Pasar Baru berubah dari 1.600 meter kubik per detik menjadi 1.900 meter kubik per detik.



Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014