Mumbai (ANTARA News) - Valerie Trierweiler, mantan pasangan Presiden Prancis Francois Hollande, berada di Mumbai, India pada Senin untuk melakukan kunjungan amal.

Lawatan ke India itu adalah perjalanan pertama sejak perselingkuhan Hollande dengan seorang bintang film terungkap.

Trierweiler tiba di Mumbai selepas tengah malam untuk menjalankan tugas selama dua hari dari kelompok Kemanusiaan Prancis, sekalipun kini ia sudah tidak menjadi ibu negara Prancis.

Saat tiba di bandara Mumbai, Trierweiler tidak berbicara kepada wartawan dan dikerubuti oleh para juru foto, sebelum memasuki mobil.

Hollande mengumumkan kepada AFP pada Sabtu bahwa ia berpisah dari teman hidupnya selama delapan tahun Trierweiler, setelah media massa mengungkap hubungan sang presiden dengan aktris Julie Gayet (41).

Trierweiler (48) sempat menjalani pemulihan di istana presiden di pinggiran Paris setelah keluar dari rumah-sakit pada Sabtu pekan lalu akibat kelelahan menghadapi pemberitaan mengenai perselingkungan tersebut dua pekan yang lalu.

Selama di India, Trierweiler akan mengunjungi rumah-sakit di Mumbai pada Senin, untuk rangkaian kegiatan yang dirancang oleh badan Aksi Melawan Kelaparan (ACF) yang membantu merawat anak-anak yang kurang pangan.

Perjalanan yang menurut ACF didanai oleh mitra swasta badan amal itu di India -- juga untuk menyaksikan program latihan bagi paramedis.

Ia akan menghadiri jamuan siang bersama istri para pengusaha ternama dan andrawina pada Senin petang di sebuah hotel mewah di Taj Mahal yang juga menjadi tempatnya menginap.

Sumber di ACF mengatakan suatu jumpa pers direncanakan digelar pada Senin tetapi Trierweiler tidak akan berbicara dalam acara tersebut.

Jamuan Senin malam dimaksudkan untuk mendorong mitra ACF di India Yayasan Pelawan Kelaparan, dan Trierweiler menjadi tamu kehormatan.

Ia akan berkeliling kota bersama aktris Prancis Charlotte Valandrey yang terlibat dalam kegiatan itu sehubungan dengan upayanya mendorong sumbangan dan pencangkokan organ tubuh.

Kunjungannya ini diperkirakan juga menarik perhatian media massa mengenai skandal perselingkuhan Hollande dan Trierweiler sejauh ini menolak untuk membicarakannya.

Pada Februari tahun lalu Trierweiler mengunjungi India bersama Hollande, dan berkesempatan meninjau rumah singgah bagi anak jalanan di New Delhi dan mengutarakan keinginannya sebagai ibu negara untuk menjadi pejuang hak anak.

Trierweiler adalah wartawan yang pernah dua kali menikah dan memiliki tiga anak.

Hollande (59) mengumumkan perpisahan dari pasangannya, Segolene Royal dari Partai Sosialis dan calon presiden pada pemilu 2007, hanya sesaat setelah Royal kalah pemilu.

Setelah perpisahan itu ia hidup bersama Trierweiler secara terbuka, dan meskipun mereka tidak menikah, Trierweiler menjalankan peran sebagai ibu negara.

(M007)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014