Havana (ANTARA News) - Pemimpin Kuba Fidel Castro menghadiri acara santap siang dengan Presiden Argentina Cristina Fernandez de Kirchner pada Minggu di sela pertemuan puncak para pemimpin regional.

Pertemuan itu yang dilaksanakan atas permintaan Castro (87) itu, berlangsung selama sekitar dua jam, kata satu sumber Argentina.

Kirchner berada di Havana untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Masyarakat Amerika Latin dan Karibia (CELAC) pada Selasa dan Rabu.

"Setelah saling bertukar salam, presiden Amerika Selatan dan pemimpin Kuba itu kemudian membahas isu-isu regional dan masalah yang dihadapi umat manusia seperti ketahanan pangan dan konflik bersenjata di seluruh dunia," kata Kantor Berita resmi Kuba Prensa Latina.

"Dalam momen khusus, Fidel Castro dan Fernandez (de Kirchner) berbicara tentang mendiang Presiden Venezuela Hugo Chavez dan upayanya untuk mengonsolidasikan persatuan Amerika Latin dengan (CELAC) ini, yang dibentuk pada tahun 2011," tambah kantor berita itu.

Sebagai sekutu pemerintah Kuba, Kirchner adalah kepala negara atau pemerintah pertama yang tiba di KTT yang diselenggarakan oleh Presiden Raul Castro, 82.

Fidel Castro meletakkan jabatan ketika krisis kesehatan pada tahun 2006, setelah memimpin Kuba selama hampir lima dekade, demikian laporan AFP.

(H-AK)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014