New Delhi (ANTARA news) – India akan mengizinkan pesawat Airbus A380 untuk mendarat di empat bandara utama India, sebut Kementerian Penerbangan Sipil,  Senin, sehubungan pencabutan larangan penerbangan ke India terhadap pesawat tersebut.

Empat bandara yang dilengkapi perlengkapan untuk menangani pesawat-pesawat A380 terdapat di New Delhi, Mumbai, Bangalore, dan Hyderabad.

Larangan pesawat A380 terutama disebabkan oleh kekhawatiran bahwa maskapai penerbangan luar negeri dapat merugikan Air India yang dimiliki pemerintah, untuk penerbangan internasional.

Kebijakan baru ini akan menguntungkan jasa penerbangan seperti Singapore Airlines, Emirates, Luthfansa dan British Airway yang mengoperasikan pesawat raksasa tersebut, atau perusahaan seperti Etihad dan Qatar yang belum mengambil pesawat yang telah dipesannya.

Menteri Penerbangan Sipil Ajit Singh, seperti dikutip Reuters, mengatakan pemerintah telah mempertimbangkan pencabutan larangan sejak awal bulan.

"Sekarang, penerbangan A380 tujuan India akan diizinkan ke bandara yang dilengkapi perlengkapan untuk menangani pesawat-pesawat tersebut," katanya.

Penerjemah: Malinda Puteri Kusaeni

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014