Dumai, Riau (ANTARA News) - Festival lampion memeriahkan perayaan Imlek 2565/2014 di Kota Dumai, Provinsi Riau.

Pada Jumat, beraneka ragam lampion menghiasi rumah warga, ruas-ruas jalan dan pertokoan di kota yang berada sekitar 188 kilometer dari Kota Pekanbaru itu.

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Dumai, Eldar Afinta, mengatakan selain untuk menambah semarak perayaan Imlek, festival lampion dilakukan untuk menjaga dan melestarikan budaya warga keturunan Tionghoa di Dumai.

"Festival lampion ini telah diselenggarakan rutin setiap tahun menyambut perayaan Imlek dengan melibatkan paguyuban dan para tokoh masyarakat Tionghoa Dumai," kata Eldar.

Menurut dia, tim bentukan pemerintah daerah dan Persatuan Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) setempat akan menilai keindahan lampion-lampion yang dipasang dan memberikan hadiah kepada pemilik lampion terindah.

"Lomba pemasangan lampu lampion ini tidak tertutup kemungkinan bisa juga diikuti oleh warga non Tionghoa karena terbuka untuk umum semua lapisan masyarakat," terang Eldar.

Pengurus PSMTI Dumai, Acong Effendi mengatakan, penilaian lomba lampion akan dimulai pada 2 Februari mendatang.

"Pemenang akan diumumkan dan diserahkan hadiah pada malam puncak perayaan yang dipusatkan di Klenteng Hock Liong Kiong Dumai pada 4 Februari nanti," katanya.

Pewarta: Abdul Razak
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2014