Jakarta (ANTARA News)- Komite konvensi calon presiden (Capres) Partai Demokrat mengapresiasi langkah yang diambil oleh Gita Wirjawan yang mundur dari jabatannya sebagai Menteri Perdagangan karena ingin fokus dalam perebutan kursi capres dari partai pimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) itu.

"Kami apresiasi, bahkan kami memberikan acungan jempol kepada Gita Wirjawan yang memilih untuk fokus dalam Konvensi Partai Demokrat dan mundur dari posisinya sebagai Menteri Perdagangan," kata Anggota Komite Konvensi Capres Partai Demokrat, Vera Febyanthy dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, mundurnya Gita dari posisi Menteri Perdagangan itu adalah langkah yang tepat untuk menghindari opini negatif yang kerap menyerangnya, yakni mulai dari isu penggunaan fasilitas negara dalam mengikuti konvensi, maupun terkait ketidak-profesionalitasnya saat melakukan kebijakan di kementrian seperti apa yang di persepsikan publik belakangan ini.

"Ini adalah langkah yang tepat, karena konvensi waktunya sangat sempit dan dia memang harus fokus untuk mengikuti konvensi ini. Selain itu untuk menghindari adanya opini negatif terutama terkait penggunaan fasilitas negara dalam keikutsertaannya di konvensi Demokrat," tutur Wakil Sekretaris Fraksi Partai Demokrat DPR RI itu.

Selain itu, kata dia, agenda kegiatan konvensi akan sangat padat hingga akhir Maret 2014 mendatang karena seluruh peserta diwajibkan melakukan blusukan ke seluruh penjuru wilayah di Indonesia dari Aceh hingga Papua.

"Secara pribadi dia pernah mengatakan kepada saya dan kepada Komite bahwa dia siap mundur dari posisi menteri jika diijinkan oleh presiden. Hal ini tentunya sangat baik untuk dia agar bisa lebih fokus dalam konvensi ini," ujar anggota Komisi XI DPR ini.

Oleh karena itu, ia berharap agar Gita mengerahkan seluruh kemampuannya untuk bisa merebut hati rakyat hingga nantinya dapat memenangkan Konvensi Demokrat, sehingga keputusannya untuk mundur sebagai Menteri Perdagangan dapat berbuah hasil yang manis untuk dirinya dan Partai Demokrat nantinya.

"Kita berharap dia yakin dan all out dalam konvensi saat ini. Dan ini adalah momen yang sangat tepat yang diambil oleh Gita. Terlebih, Gita juga sudah dikenal di dunia internasional dalam bidang perekonomian atas prestasi kinerjanya sebagai Menteri Perdagangan dan mantan Kepala BKPM," ucap Vera.

Sebelumnya, Gita Wirjawan mengumumkan dirinya mundur dari jabatan Menteri Perdagangan karena ingin konsentrasi mengikuti konvensi capres.

Menurut Gita, saat mengumumkan pengunduran dirinya di Jakarta, Jumat, langkahnya tersebut sudah dikonsultasikan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan sudah mendapat persetujuan.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014