Sumedang (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Senin siang, menjenguk Een Sukaesih (50), seorang perempuan Sumedang yang telah puluhan tahun mengabdikan hidupnya untuk mendidik anak-anak di sekitarnya sekalipun mengalami keterbatasan fisik.

Dengan didampingi oleh Ibu Ani Yudhoyono, Presiden Yudhoyono mengunjungi tempat tinggal Een di Dusun Batu Karut, Cibereum Wetan, Cimalaka, Sumedang.

Presiden dan Ibu Negara menemui Een Sukaesih di ruang istirahat perempuan paruh baya itu dengan didampingi oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh dan Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi.

Presiden dan Ibu Ani beserta sejumlah menteri duduk di lantai ruangan berkarpet merah tersebut, sementara Een Sukaesih yang mengenakan kerudung biru berbaring di tempat tidurnya.

Di ruangan yang berukuran tidak lebih dari 4x4 meter itu terdapat sebuah rak buku yang berisi beragam buku pelajaran dan sejumlah foto, yang salah satunya adalah foto pertemuan Een Sukaesih dengan Presiden dan Ibu Ani beberapa waktu lalu.

Selama lebih dari 30 menit Presiden dan Ibu Ani bercakap-cakap dengan Een Sukaesih, sementara itu sejumlah murid berada di sekitar rumah Een yang terletak lebih kurang 300 meter dari jalan utama.

Pada kesempatan itu Een Sukaesih juga sempat bernyanyi bersama Presiden Yudhoyono.

Pertemuan kali ini bukan pertemuan pertama Een Sukaesih dengan Presiden mengingat pada pertengahan tahun lalu, Presiden Yudhoyono pernah mengundang Een dan keluarganya ke Istana Negara, setelah yang bersangkutan mengemukakan keinginannya untuk bertemu Presiden dan Ibu Negara.

Een Sukaesih yang menerima penghargaan dari sebuah televisi swasta di Indonesia karena pengabdiannya telah menderita penyakit Rheumatoid arthritis sejak 32 tahun lalu. Penyakitnya itu membuatnya lumpuh selama 26 tahun terakhir.

Namun, di tengah keterbatasannya itu alumni IKIP Bandung (Universitas Pendidikan Indonesia/UPI) tersebut tidak kemudian meninggalkan cita-citanya untuk membagi ilmu yang telah diperolehnya dengan anak-anak di sekitarnya.

Setiap hari Een menghabiskan waktunya untuk membantu anak-anak yang membutuhkan pelajaran tambahan di luar sekolahnya. Berkat didikannya banyak siswanya yang berhasil mencapai pendidikan hingga pendidikan tinggi.

Kepala Negara singgah di rumah Een Sukaesih di sela-sela rangkaian kunjungan kerjanya ke Sumedang dan Majalengka (Jawa Barat) serta Pekalongan, Jawa Tengah.



Pewarta: GNC Aryani
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014