Sekayu, Muba (ANTARA News) - Rumah Sakit Umum Daerah Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, sedang membangun gedung khusus bagi ibu dan anak untuk memberikan pelayanan terbaik terutama dalam proses persalinan dan perawatan.

"Pembangunan gedung khusus tersebut saat ini sudah mencapai 94 persen dan ditargetkan pembangunan fisik serta pengadaan perlengkapannya selesai pada 2014," kata Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sekayu, Azmi Dariusmansyah, Senin.

Dia menjelaskan, pembangunan gedung pelayanan khusus ibu dan anak itu merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

Gedung tersebut nantinya dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang modern untuk proses persalinan, pemeriksaan kehamilan, pemeriksaan ibu dan anak dengan pengawasan dokter, bidan serta perawat yang profesional.

Dengan adanya gedung khusus tersebut diharapkan dapat memberikan pelayanan medis yang cepat, tepat, dan akurat kepada ibu dan anak yang membutuhkan pemeriksaan kesehatan, pengobatan serta perawatan secara intensif.

Sementara untuk melakukan pelayanan rawat inap, dengan adanya gedung baru khusus ibu dan anak itu, nantinya akan lebih baik lagi karena di gedung yang dalam proses penyelesaian pembangunan tersebut memiliki 50 unit tempat tidur baru.

"Hingga kini RSUD Sekayu baru memiliki 150 tempat tidur, dengan adanya gedung baru nantinya secara keseluruhan terdapat 200 tempat tidur yang bisa digunakan untuk kegiatan pelayanan pasien yang harus dirawat inap," ujarnya.

Jika proses pembangunan gedung tersebut berjalan sesuai rencana dan pengadaan peralatan kesehatan bisa diproses dengan cepat, gedung khusus Ibu dan anak itu bisa dioperasikan pada awal 2015.

"Kami akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama kepada ibu dan anak, karena angka kasus ibu meninggal dunia saat melahirkan sekarang ini masih cukup tinggi sehingga upaya tersebut diharapkan dapat meminimalkannya," ujarnya. 

(Y009/T007)

Pewarta: Yudi Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014