Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua DPR RI, Shohibul Iman, meminta pemerintah secepatnya melakukan langkah-langkah terkait distribusi bahan pangan kepada korban banjir dan bencana alam.

"Sepertinya pemerintah belum melakukan. Padahal semua persoalan ini, pemerintah sudah tahu, tinggal sekarang, mau atau tidak," kata Shohibul Iman di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis.

Sebenarnya, kata Shohibul, persoalan utama dari pendistibusian bahan pangan ini adalah terhambatnya transportasi seperti gangguan kereta api yang biasa digunakan sebagai sarana pengangkut bahan pangan.

"Saya pernah sampaikan, ini kan persoalan logistik, transportasi. Karena itu pemerintah harus mampu mengatasi itu dengan mengerahkan berbagai cara yang memudahkan agar barang atau bahan pangan itu bisa sampai terdistribusi dengan cepat dan baik kepada korban bencana," kata dia.

Tak hanya itu saja, pemerintah diminta untuk terus berupaya menggunakan sarana transportasi lain selain kereta api.

"Pemerintah harus banyak inovasi untuk mendistribusikan bahan pangan seperti menggunakan kapal laut atau melibatkan militer. Bila pemerintah tak segera melakukan langkah kongkrit dalam pendistribusian bahan pangan, ada kekuatiran yang dirasakannya.

"Inflasi terus terjadi karena masalah bahan pangan merupakan penyumbang terbesar inflasi. Juga akan berdampak pada terganggunya pelaksanaan pemilu karena recovery banjir dan bencana alam berdekatan dengan pelaksanaan Pemilu 2014," kata Shohibul.

Pewarta: Zul Sikumbang
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014