Sochi, Rusia (ANTARA News) - Presiden Rusia Vladimir Putin akan mengunjungi Jepang pada musim gugur, kata Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mengatakan pada Sabtu, tanda membaiknya hubungan antara kedua negara yang hubungannya telah tegang oleh sengketa teritorial.

Abe mengundang Putin berkunjung ke Jepang pada tahun 2014 sementara dia melakukan perjalanan ke Moscow April lalu, di mana mereka sepakat untuk menghidupkan kembali pembicaraan tentang menyelesaikan sengketa tujuh dekade atas rantai pulau yang dikenal di Rusia sebagai Kuril Selatan dan di Jepang sebagai Teritorial Utara.

"Telah diputuskan bahwa Presiden Putin akan mengunjungi Jepang pada musim gugur ini," kata Abe kepada wartawan setelah pembicaraan dengan Presiden Rusia di kota tuan rumah Olimpiade Musim Dingin Sochi.

Perjalanan Abe untuk menghadiri Olimpiade dan mengadakan pertemuan puncak kelima dengan Putin sejak menjabat 13 bulan lalu, ditandai dengan perbedaan yang tajam atas memburuknya hubungan Jepang dengan China dan Korea Selatan, yang melibatkan pertengkaran atas kepulauan kecil yang tak berpenghuni.

Perdana menteri Jepang mengatakan ia ingin "menjaga kecepatan" dalam pembicaraan dengan Rusia, dan menambahkan bahwa hubungan keduanya telah membaik cepat sejak kunjungannya pada April.

Putin pergi ke Jepang sebagai presiden pada tahun 2005 dan sebagai perdana menteri pada tahun 2009. Kunjungan Abe pada April adalah kunjungan resmi pertama ke Moskow oleh seorang perdana menteri Jepang dalam satu dekade, demikian Reuters.

(Uu.H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014