Invasi udang setan menuju Britania

Mereka memakan udang lokal dan mengganti dinamika spesies sungai dan danau. Sekali satu saja spesies hancur, maka itu akan berdampak juga terhadap spesies lain di perairan itu,"
Jakarta (ANTARA News) - Gerombolan udang setan nan agresif yang berasal dari Eropa bagian timur, diketahui menyebar di perairan Britania dan siap memporak-porandakan ekosistem udang lokal di perairan wilayah tersebut. 

Udang setan itu meskipun berukuran 1 cm, namun diketahui bisa membunuh dan memakan udang lokal. Udang setan diperkirakan masuk ke perairan sungai dan danau Britania, melalui genangan-genangan air yang dibawa kapal-kapal besar. 

Para ahli memperingatkan udang setan ini dapat menghabiskan seluruh persediaan udang lokal di sejumlah sungai serta danau di Britania. Udang setan ini diperkirakan juga menyebarkan penyakit yang dapat berdampak buruk terhadap binatang air lainnya dan mengubah seluruh ekosistem air.  

Seorang juru bicara Badan Lingkungan yang tidak disebutkan namanya, seperti dilansir www.DailyMail.co.uk, Senin, menyatakan udang setan ini dapat membawa dampak besar terhadap sungai dan danau. Pihaknya sedang berupaya menekan penyebarannya. 

"Udang setan awalnya dikenal sebagai makanan ikan di danau Eropa bagian timur, namun udang ini hampir memakan segalanya. Sangat sulit mengatakan apa dampak kehadiran udang ini secara jangka panjang terhadap perekonomian, namun kehadirannya bisa berdampak pada kegiatan memancing," kata juru bicara Badan Lingkungan tersebut. 

Peneliti perairan dari Universitas Portsmouth Dr Alex Ford melakukan sebuah investigasi dan memperingatkan atas potensi udang setan ini menjadi parasit dan bertengger di udang lokal dan merusak ekosistem perairan Britania. 

"Mereka memakan udang lokal dan mengganti dinamika spesies sungai dan danau. Sekali satu saja spesies hancur, maka itu akan berdampak juga terhadap spesies lain di perairan itu," ujar Ford. 

"Satu alasan utama mengapa spesies udang setan ini mampu berinvasi adalah kemampuannya lolos dari predator, parasit dan penyakit di habitat aslinya," kata Ford.

Udang setan dapat ditemukan hidup di bawah bebatuan sungai. Kehadiran udang setan sebagai spesies baru yang merusak, bukan pertama kalinya di perairan Britania. 

Sebelumnya pada tahun 1970, lobster yang dikenal sebagai jenis American Signal Crayfish, juga pernah datang ke perairan Britania dan memporak-porandakan ekosistem. 

Lobster berukuran enam inci tersebut mampu hidup selama 12 tahun dan membunuh lobster lokal sebagai spesies yang dilindungi.

Hasilnya pada kala itu agen lingkungan memutuskan untuk menghancurkan seluruh lobster asing di perairan Britania. (*)

Penerjemah: Rangga Pandu Asmara Jingga
COPYRIGHT © ANTARA 2014

Komentar