Lamongan (ANTARA News) - Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, mewakili Indonesia pada ajang kompetisi bidang lingkungan hidup untuk kota yang menerapkan konsep "green city" tingkat ASEAN, atau "the 3rd ASEAN Environmentally Sustainable City (ESC) Award".

Sekretaris Kabupaten Lamongan, Yuhronur Efendi, Senin mengatakan, Lamongan ditunjuk menjadi wakil Indonesia karena sebelumnya telah meraih pengharggaan Adipura Kencana untuk kategori kota kecil.

"Adipura Kencana yang kita raih berimplikasi pada ditunjuknya Lamongan sebagai wakil Indonesia pada ajang kompetisi bidang lingkungan hidup yang menerapkan konsep green city tingkat Asean," kata Yuhronur usai memberikan pengarahan di halaman kompleks Pemkab Lamongan.

Dia berharap, keikutsertaan Lamongan ini bisa menambah semangat pegawai dan warganya untuk mewujudkan pembangunan Lamongan yang berwawasan lingkungan.

Dikatakannya, prestasi ini juga akan mempromosikan Lamongan sebagai kota yang ramah lingkungan, bersih, hijau, dan layak untuk ditinggali.

"Semoga penunjukan ini menambah motivasi kita semua untuk semakin semangat dalam bekerja, karena ternyata kerja keras kita mendapat apresiasi dari pihak luar," katanya.

Sebelumnya, penyelenggaraan ajang edisi ketiga telah disepakati pada September 2013 pada pertemuan di Surabaya

Dalam pertemuan itu, telah dicapai berbagai kesepakatan terkait pengelolaan lingkungan oleh sejumlah menteri lingkungan hidup se Asean, ditambah China, Korea Selatan dan Jepang.

Sementara, untuk penyelengaraan kompetisi berikutnya akan dilaksanakan di Laos.

Pewarta: Abd Aziz
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014