Madrid (ANTARA News) - Polisi Spanyol, Rabu, menangkap seorang warga Serbia berusia 33 tahun yang diduga anggota kelompok pencuri permata terkenal "Pink Panther".

Borko Ilincic, 33, ditangkap di pinggiran kota Madrid saat ia meninggalkan sebuah hotel dengan mobil sewaan, kata polisi. Ilincic telah dijatuhi hukuman penjara seumur hidup untuk pencurian di Uni Emirat Arab pada tahun 2007.

Reuters melaporkan, kelompok "Pink Panther", merujuk pada film komedi kriminal Peter Sellers, telah melakukan sekitar 340 perampokan toko mewah di Eropa, Timur Tengah, Asia dan Amerika Serikat sejak tahun 1999, senilai lebih dari 330 juta euro (448 juta dolar), menurut Interpol.

Pada tahun 2007, kelompok itu dengan menggunakan dua mobil menerobos jendela sebuah toko perhiasan di pusat perbelanjaan Dubai, menjarah jutaan dolar permata yang dipamerkan, dalam serangan yang berlangsung kurang dari satu menit.

Tahun berikutnya, kelompok itu mencuri perhiasan senilai 85 juta euro setelah memasuki toko perhiasan Harry Winston di Paris dengan menyamar sebagai perempuan.

Kelompok itu mendapat julukan "Pink Panther" setelah perampokan London pada tahun 2003 ketika seorang pencuri menyembunyikan berlian dalam kotak krim kecantikan, mirip dengan plot salah satu film detektid Prancis kompeten " Pink Panther ".

(G003)


Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2014