Mulai Sabtu (15/2), akan ada tambahan rute perjalanan baru yaitu dari Purwosari ke Semarang dengan kereta ekonomi AC Kalijaga,"
Yogyakarta (ANTARA News) - PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta akan segera mengoperasikan kereta baru yaitu Kalijaga yang akan melakukan perjalanan perdana menghubungkan Purwosari - Semarang pada akhir pekan ini.

"Mulai Sabtu (15/2), akan ada tambahan rute perjalanan baru yaitu dari Purwosari ke Semarang dengan kereta ekonomi AC Kalijaga," kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi VI Yogyakarta Bambang S Prayitno di Yogyakarta, Kamis.

Kalijaga dijadwalkan berangkat pukul 05.25 WIB dari Stasiun Purwosari dan tiba di Stasiun Semarang Poncol pada pukul 07.58 WIB. Kereta tersebut akan berhenti di sejumlah stasiun yaitu Solo Balapan, Gundih, Kedung Jati dan Semarang Tawang.

Kereta akan melakukan perjalanan pulang dari Stasiun Semarang Poncol pada pukul 09.05 WIB dan tiba kembali di Stasiun Purwosari pada pukul 11.42 WIB.

Bambang mengatakan, waktu tempuh perjalanan dengan kereta akan lebih cepat bila dibanding perjalanan dengan transportasi darat lainnya. Jarak antara Purwosari dan Semarang adalah 114 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu dua jam 33 menit.

Oleh karena itu, lanjut dia, kereta tersebut diharapkan daat menjadi penghubung dua kota besar, Solo dan Semarang, sebagai penunjang pertumbuhan ekonomi, pendidikan, budaya dan pariwisata.

Kereta tersebut memiliki kapasitas maksimal 742 tempat duduk. Selama pekan pertama setelah peluncuran, PT KAI masih memberlakukan tarif promo yaitu Rp15.000 per penumpang, pada pekan kedua dan ketiga naik menjadi Rp20.000, dan pada pekan berikutnya akan diberlakukan tarif normal yaitu Rp25.000 per penumpang.

"Pemesanan tiket sudah bisa dilakukan sejak awal Februari di stasiun online atau di agen penjualan tiket yang telah bekerja sama dengan PT KAI. "Tiket yang dijual akan disesuaikan dengan jumlah tempat duduk," katanya.

Ia optimistis, kereta tersebut akan menjadi pilihan moda transportasi darat yang aman, nyaman dan murah bagi masyarakat. "Potensi pasar untuk rute baru ini juga cukup baik," katanya.

Pada awal Februari, Daop VI Yogyakarta juga meluncurkan kereta baru yang menghubungkan Kutoarjo-Yogyakarta yaitu Ajisaka. Kereta tersebut mendukung kereta yang sudah ada sebelumnya yaitu Prambanan Ekspres.

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014