... buaya itu diduga buaya pemakan tubuh pekerja tambang biji timah bernama Masuni alias Upin (28)... "
Sungailiat, Bangka Belitung (ANTARA News) - Warga Desa Gedong, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kamis (13/2), berhasil menangkap buaya berukuran empat meter dengan berat 300 kilogram.

"Saya bersama warga lainnya berhasil menangkap buaya berukuran empat meter memakai umpan pancing seekor monyet bakau," kata salah warga Mang Yasak di Sungailiat, Jumat.

Ia mengatakan, dirinya berhasil memancing buaya seberat itu di sungai Selayu selama menunggu dua hari karena pada hari pertama buaya tidak mau makan umpan pancing.

"Kami memang dituntut bersabar pada saat memancing buaya itu, karena selain menunggu dua hari buaya itu juga tidak langsung memakan umpan pancing dengan menggunakan rotan sebagai tali pancingnya," katanya.

Menurutnya, buaya itu diduga buaya pemakan tubuh pekerja tambang biji timah bernama Masuni alias Upin (28), warga desa Sinar Sari Kecamatan Kelapa Kabupaten Bangka Barat , yang terjadi Senin (10/2).

Jasad Masuni alias Upin ditemukan pada hari Rabu (12/2) dengan kondisi mayat yang membusuk dengan sebagai organ tubuh yang rusak akibat dugaan gigitan buaya.

Mang Yasak mengatakan, dirinya bersama dengan warga lainnya masih memasang enam buah pancing lagi untuk menangkap buaya lainnya yang diduga masih terdapat di sungai itu.

"Keberadaan beberapa ekor di sungai Selayu dirasa sangat menganggu masyarakat terutama bagi para nelayan yang mencari ikan di sungai itu," jelasnya.

Ia mengatakan, buaya itu akan dipotong dan dagingnya akan dibagikan kepada warga yang mau memakannya.

Pewarta: Kasmono
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014