Chicago, (ANTARA News) - Harga emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange terus meningkat untuk sesi kedelapan berturut-turut pada Jumat (Sabtu pagi WIB).

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April naik 18,5 dolar atau 1,42 persen menjadi ditutup di 1.318,6 dolar AS per ounce.

Permintaan fisik yang kuat dari China mendorong kenaikan harga emas. Pasar juga memperhatikan adanya pelonggaran larangan impor emas di India.

Emas juga mendapat dukungan tertentu ketika studi University of Michigan dan Thomson Reuters menyebutkan sentimen konsumen Februari atas komoditas ini tak berubah pada angka awal 81,2.

Harga emas sejauh ini naik 9,7 persen tahun ini, dan mempertahankan harga di atas tingkat psikologis 1.300 dolar AS per ounce. Akibatnya, beberapa analis pasar memperkirakan bahwa harga emas mungkin naik lebih lanjut pada 2014.

Tetapi ada juga analis pasar bertahan bahwa emas akan segera jatuh kembali . Mereka tidak memperkirakan pertumbuhan harga emas akan berlanjut.

Perak untuk pengiriman Maret naik 1,026 dolar AS atau 5,03 persen menjadi ditutup pada 21,421 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April naik 13,5 dolar AS atau 0,95 persen menjadi ditutup pada 1.430,1 dolar AS per ounce.

Penerjemah: Apep Suhendar

Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2014