Jakarta (ANTARA News) - Peluncuran smartphone Nokia Android rupanya sudah semakin dekat karena perusahaan Finlandia itu sudah mengirimkan sampelnya ke pengembang aplikasi di India.

Sejumlah sumber kepada BGR India mengkonfirmasi bahwa selain mengirimkan smartphone berkode-nama Normandy itu, Nokia juga menyertakan materi pemasaran yang berisi tanggal peluncuran Nokia Android.

Menurut laporan BGR India baru-baru ini, smartphone Android Nokia itu akan diluncurkan pada awal April mendatang.

Normandy atau Nokia X--nama yang mungkin akan digunakan saat peluncuran--,akan menjalankan Android versi AOSP, merupakan versi open source Android yang bisa digunakan oleh semua orang.

Namun, Nokia tidak akan menyertakan layanan-layanan Google dalam smartphone-nya tersebut, dan telah membangun sendiri toko aplikasi untuk platform itu yang akan dinamai Asha on Linux (AoL).

Untuk itu, Nokia baru-baru ini memulai pengiriman smartphone tersebut ke pengembang-pengembang aplikasi utama di India untuk mengisi toko aplikasinya.

Sejumlah sumber kepada BGR India mengatakan, Nokia sedang dalam upaya mendapatkan 100 aplikasi utama di Play store dan App Store untuk dikembangkan ke dalam platform-nya serta untuk mengisi AoL.

Beberapa pengembang yang sudah menerima smartphone Android dari Nokia kepada BGR India mengatakan, pengembangan aplikasi ke dalam konfigurasi untuk AoL sangatlah mudah dan tidak membutuhkan perubahan besar.

"Ini hanya tentang pengembang memastikan tidak ada layanan-layanan Google tersedia dalam aplikasi itu," kata seorang pengembang kepada BGR India.

Menurutnya, Nokia menginginkan harga smatphone Androidnya itu tidak terlalu tinggi (mahal), berada di antara Asha  dan smartphone entry-level Lumia, di mana perusahaan mengharapkan ponselnya bisa bersaing dengan smartphone-smartphone Android murah.

Menurut laporan-laporan, Nokia X akan berlayar 4 inci WVGA, prosesor dual-core 1GHz Snapdragon, RAM 512MB, penyimpanan internal 4GB, kamera 5MP, dan baterai berkapasitas 1500mAh.

Pewarta: Suryanto
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2014