Jakarta (ANTARA News) - Resmi hadir di Indonesia, Nokia 1 dengan Android Oreo (Go Edition) dijanjikan akan mendapatkan versi Android terbaru, Android Pie.

Hal tersebut dipastikan oleh Marketing Head Nokia Indonesia, Miranda Vania Warokka, dalam temu media di Jakarta, Rabu.

"Bisa," ujar dia menjawab kemungkinan Nokia mendapat Android Pie.

Tidak hanya Nokia 1, Miranda juga mengatakan bahwa perangkat Nokia lainnya yang telah meluncur di Indonesia juga akan mendapatkan Android Pie, yang baru dirilis Google pada pekan lalu.

"(Nokia) 2 sampai 8 terkonfirmasi dapat, karena kita garansi two letters update," kata dia.

Baca juga: Google resmi rilis Android 9 Pie

Nokia 1 secara resmi diperkenalkan pemegang merek smartphone Nokia HMD Global dalam gelaran Mobile World Congress (MWC 2018) pada akhir Februari lalu.

Kedatangan Nokia 1 ke Indonesia yang hingga berselang beberapa bulan dari waktu peluncurannya tersebut terjadi karena brand ini harus memenuhi regulasi Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN).

"Pertama, pemenuhan terhadap peraturan TKDN, kita tidak bisa masuk-masuk saja. Kedua, distribusi," ujar Miranda.

Miranda juga menyebut timeline kehadiran Nokia 1 yang telah ditetapkan oleh pusat menjadi alasan mengapa perangkat low-end andalan Nokia tersebut baru tiba di Indonesia.

"Dibandingkan dunia mungkin kita lumayan terlambat... Ada banyak region di dunia, kita masuknya Asia Pasifik. Indonesia itu tulang punggung APAC, jadi kita enggak mungkin dapat belakangan," kata dia.

Nokia 1 dipasarkan hanya secara offline. Hal ini, menurut Miranda, disesuaikan dengan kebiasaan pembeli di segmen perangkat low-end yang lebih memilih membeli di toko dibanding membeli di pusat perbelanjaan virtual.

Selain itu, strategi pemasaran ini juga dipilih agar pembeli dapat merasakan pengalaman Android Oreo Go Edition secara langsung, yang berbeda dari Android biasa.

Mensasar kota tier 2 dan tier 3, promosi Nokia 1 sebenarya telah digencarkan sejak tiga pekan lalu, dimulai dari Kota Malang, yang kemudian berlanjut ke Solo, sebelum akhirnya resmi diperkenalkan di Jakarta hari ini.

"Target nokia dengan N1 kita berharap bisa meningkatkan market share secara signifikan," ujar Miranda.

Baca juga: Nokia 1 dengan Android Go meluncur di Indonesia

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018