Hingga saat ini 16 menteri dari 33 negara menyatakan akan hadir di Forum 3R
Jakarta (ANTARA News) - Indonesia tepatnya Kota Surabaya akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Forum 3R ("reduce, reuse, recycle") se Asia Pasifik yang ke lima pada 25-27 Februari 2014.

"Surabaya dipilih menunjukkan perubahan yang positif dalam dan menjadi model bagaimana mengolah sampah di Indonesia," kata Deputi Bidang Pengelolaan Bahan Berbahaya Beracun, Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup Rasio Ridho Sani di Jakarta, Rabu.

Prinsip "3R" adalah pengelolaan sampah yang lebih baik untuk lingkungan yaitu dengan mengurangi sampah (reduce), menggunakan kembali sampah (reuse) dan mendaur ulang sampah (recycle).

Dia mengatakan, pertemuan tersebut menjadi forum internasional terkait promosi dan implementasi 3R dalam pengelolaan limbah dan sampah di Asia dan Pasifik.

Forum tersebut rencananya akan dihadiri sekitar 400 peserta dari 33 negara, tujuh kota di Asia, badan PBB, negara donor, organisasi internasional, kementerian/lembaga, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, perguruan tinggi, pelaku usaha dan LSM.

"Hingga saat ini 16 menteri dari 33 negara menyatakan akan hadir di Forum 3R," tambah Rasio Ridho Sani.

Keputusan Indonesia menjadi tuan rumah Forum 3R merupakan wujud komitmen dan diplomasi Indonesia di kawasan Asia-Pasifik dalam pengembangan dan pelaksanaan 3R.

Sebelumnya, tambah Rasio Ridho Sani, bertepatan dengan peringatan Hari Peduli Sampah (HPS) 2014 yang jatuh pada 21 Februari, puncaknya akan diperingati pada 24 Februari di Taman Surya Kantor Wali Kota Surabaya.

Peringatan HPS kali ini bertema "gerakan Indonesia peduli sampah menuju masyarakat berbudaya 3R untuk kesejahteraan masyarakat" dengan tagline "Indonesia bersih sampah 2020".

"Agenda utamanya adalah penandatanganan deklarasi oleh wakil pemerintah pusat, pemerintah daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan lainnya," kata dia.

Isi utama deklarasi adalah membangun dan melaksanakan komitmen bersama untuk melaksanakan pengelolaan sampah yang lebih baik, sehingga mampu mewujudkan "Indonesia Bersih Sampah 2020".

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2014