Ini adalah satu proses, bukan satu kejadian tunggal yang terjadi di satu atau dua pertemuan... ini akan memerlukan waktu yang panjang.
PBB (ANTARA News) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa, Ban Ki-moon, yakin bahwa pembicaraan perdamaian Jenewa adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan kemelut Suriah dan mendesak semua pihak kembali ke meja perundingan.

"Sekjen tetap yakin bahwa perundingan Jenewa II adalah jalan yang harus ditempuh, dan ia meminta kepada pihak-pihak yang bertikai berpikir panjang dan datang kembali berunding secepat mungkin agar proses ini dapat dilanjutkan," kata juru bicara Sekjen PBB, Martin Nesirky kepada wartawan, Selasa.

"Ini adalah satu proses, bukan satu kejadian tunggal yang terjadi di satu atau dua pertemuan... ini akan memerlukan waktu yang panjang."

"Sekjen tetap berikrar akan mendorong ini, seperti yang dilakukan (penengah PBB) Lakhdar Brahimi," kata Nesirky.

Nesirky mengatakan Brahimi akan datang ke New York untuk melaporkan kepada Ban dan Dewan Keamanan PBB mengenai misinya. Demikian diberitakan AFP.

Sebelumnya pada hari Sabtu (15/2), Lakhdar Brahimi mengatakan, bahwa ia "sangat, sangat menyesalkan" setelah perundingan antara pemerintah Suriah dan oposisi berakhir tanpa hasil setelah tiga pekan perundingan. Tidak ditetapkan bagi dimulainya kembali perundingan.

Beberapa pekan setelah pihak-pihak yang berperang duduk bersama untuk pertama kali untuk berusaha penyelesaian politik atas perang saudara tiga tahun itu, putaran kedua berakhir tanpa hasil akhir pekan lalu.

(H-RN)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014