Bantuan itu berupa bahan bangunan seperti berupa kayu, seng, dan genteng, bahan makanan, perlengkapan wanita dan balita, kebutuhan lansia, perlengkapan mandi, dan kebutuhan pokok,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta mengirimkan bantuan untuk para korban bencana erupsi Gunung Kelud di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

"Bantuan itu berupa bahan bangunan seperti berupa kayu, seng, dan genteng, bahan makanan, perlengkapan wanita dan balita, kebutuhan lansia, perlengkapan mandi, dan kebutuhan pokok," kata Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Paku Alam IX di Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, bantuan untuk para korban erupsi bencana Gunung Kelud itu berasal dari Pemerintah DIY dan pemerintah kabupaten dan kota se-DIY, yakni Sleman, Bantul, Gunung Kidul, Kulon Progo, dan Yogyakarta.

"Bantuan tersebut merupakan perwujudan kepedulian Pemerintah DIY dan pemerintah kabupaten dan kota se-DIY terhadap warga Kabupaten Kediri yang terkena dampak erupsi Gunung Kelud," katanya.

Ia mengatakan bantuan tersebut merupakan wujud kepedulian sesama anak bangsa untuk meringankan beban warga yang sedang terkena musibah bencana erupsi Gunung Kelud.

"Ketika DIY terkena musibah bencana gempa bumi pada 2006 dan erupsi Gunung Merapi pada 2010 seluruh masyarakat Indonesia memberikan bantuan kepada para korban," katanya.

Saat ini, kata dia, giliran Pemerintah DIY dan pemerintah kabupaten dan kota se-DIY yang membantu warga yang terkena musibah bencana erupsi Gunung Kelud.

"Bantuan itu diharapkan dapat meringankan beban yang saat ini sedang dirasakan para pengungsi korban erupsi Gunung Kelud," katanya.(*)

Pewarta: Bambang Sutopo Hadi
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014