... Riau penyumbang titik panas terbanyak,.. "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru menyatakan Satelit Terra dan Aqua mendeteksi titik panas (hotspot) di Riau ada sebanyak 70 dan terbanyak di Kabupaten Bengkalis, yakni 40 titik.

"Untuk Sumatera terdeteksi ada 114 dan Riau penyumbang titik panas terbanyak," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi, di Pekanbaru, Kamis siang.

Itu, menurut dia, pendeteksian satelit modis Terra dan Aqua pada pukul 05.00 WIB.

Selain Bengkalis, kata dia, titik panas Riau juga terdeteksi berada di Kabupaten Kepulauan Meranti yakni 10 titik, Siak (tujuh titik), Kota Dumai (enam titik), Pelalawan (empat titik), dan Indragiri Hilir (dua titik), serta Rokan Hilir terdapat satu titik.

Ia menjelaskan, deteksi titik panas dengan tingkat akurasi atau kepercayaan 80 hingga seratus persen dipercaya, peristiwa kebakaran lahan sebanyak 10 titik tersebar di sejumlah daerah dan terbanyak tetap di Bengkalis.

"Sementara itu cuaca di Riau pada umumnya hari ini hingga beberapa hari kedepan masih cerah hingga berawan serta diselimuti kabut asap," katanya.

Jarak pandang pagi ini sekitar pukul 07.00 WIB untuk di Pekanbaru, kata dia, masih berada di bawah 500 meter.

Namun memasuki pukul 08.00 WIB, demikian Slamet, visibilitas meningkat menjadi seribu meter.

Informasi otoritas Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, aktivitas penerbangan masih berjalan normal setelah sebelumnya, Rabu (19/2) sempat ada beberapa pesawat menunda penerbangan akibat kabut asap pekat.

"Untuk hari ini semuanya berjalan normal, tidak atau belum ada pesawat yang menunda keberangkatan karena asap," kata Airport Duty Manager Bandara SSK II, Ibnu Hasan. 

Pewarta: Fazar Muhardi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014