Jakarta (ANTARA News) - Pengembang smartphone dan sistem operasi Sailfish, Jolla, mengumumkan ketersediaan Sailfish versi 1.0 yang siap didistribusikan ke seluruh dunia.

Jolla juga mengumumkan ketersediaan pengalaman OS Sailfish sebagai perangkat lunak yang bisa diunduh untuk perangkat yang menjalankan OS Android, kata Jolla dalam blog resminya Jumat (Sabtu pagi WIB).

Ponsel pertama Jolla telah dipasarkan via operator di Finlandia November tahun lalu. Setelah ketersediaan terbatas smartphone Jolla dengan Sailfish OS beta, Jolla telah merilis tiga pembaruan signifikan pada software-nya.

Pembaruan keempat, kata Jolla, akan dirilis pada Maret, setelah perangkat lunak itu akan siap dikomersialisasikan ke seluruh dunia.

"Kami sangat senang untuk mengumumkan ini. .....Kami percaya bahwa Jolla sekarang menawarkan pilihan yang benar-benar layak untuk semua pengguna smartphone. Tentu kami tidak berhenti di sini....," kata co-founder dan COO Jolla, Marc Dillon.

Jolla mengklaim OS berbasis-gesture itu menawarkan navigasi dan multitasking mudah, memberi pengguna kendali penuh ke kehidupan digital mereka. OS tersebut mendukung baik untuk aplikasi Sailfish maupun AndroidTM.

"Pelanggan sekarang bisa meng-install aplikasi Android yang disukai, dan memilih ratusan dari ribuan aplikasi Android yang tersedia. Dan, komunitas OS Sailfish aktif dan bergairah siap mengembangkan aplikasi-aplikasi media sosial utama, termasuk Facebook, Twitter, Whatsapp, dan Foursqure, asli untuk OS Sailfish," kata Dillon.

Sekarang smartphone Jolla tersedia untuk dipesan online melalui shop.jolla.com pada harga 399 euro untuk konsumen di semua negara Uni Eropa, Swiss, dan Norwegia, selain di Finlandia sendiri.

Jolla mengaku sedang bernegoisasi dengan mitra-mitra di sejumlah negera, termasuk Rusia, India, dan Hong Kong dimana Jolla akan membuka penjualan online dalam waktu dekat. 

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014