Jakarta (ANTARA News) - Pembuat sistem operasi ponsel pintar, Jolla, merilis software development kit yang memungkinkan pengembang berbasis Linux, Mac, maupun Windows 32 bit dan 64 bit membuat aplikasi-aplikasi untuk OS Sailfish.

Jolla, dalam situs resmi Sailfish, menjelaskan sistem operasi Sailfish itu dioptimalkan untuk ponsel karena punya fleksibilitas, ada di mana-mana, dan stabil dari intisari Linux.

"Kami percaya ada kebutuhan akan sistem operasi perangkat mobile yang modern dan independen sehingga menciptakan kompetisi dan inovasi terbuka, tanpa kontrol utama dari satu pemain. OS Sailfish diciptakan untuk menjadi alternatif (sistem operasi) yang nyata," sebut Tim Jolla tentang Sailfish.

Jolla, perusahaan industri piranti lunak dari Finlandia yang pernah mengembangkan sistem operasi MeeGo untuk Nokia, telah mengenalkan sistem operasi Sailfish pada ajang Mobile World Congress lalu.

Strategi Jolla terkait Sailfish, seperti disebut TechCrunch, meliputi pemberian lisensi sistem operasi itu untuk para produsen perangkat mobile dan menciptakan kekhususan varian piranti lunak untuk pengembang ketiga.

Namun, Jolla juga berencana memproduksi ponsel dengan merek sendiri yang menggunakan OS Sailfish.

Jolla juga menginginkan aplikasi-aplikasi dasarnya berasal dari kombinasi sistem operasi Android, Qt, dan HTML5 untuk membangun ekosistem piranti lunak yang sepenuhnya matang.

(I026)

Penerjemah: Imam Santoso
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013