Jakarta (ANTARA News) - Sistem operasi Android dari Google masih menguasai pasar ponsel cerdas di Amerika Serikat dengan pangsa 51,5 persen dari semua penjualan pada triwulan II tahun ini, demikian laporan perusahaan riset Kantar Worldpanel sebagaimana dikutip gsmarena.com

Meski masih menguasai pasar, tetapi sistem operasi berlogo robot hijau itu mulai menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 52,6 persen.

Kondisi itu membuat jarak antara Android dengan sistem operasi iOS semakin dekat, apalagi sejak diluncurkannya iPhone 5 pada triwulan III tahun ini.

Platform Apple (iOS) telah mengalami kenaikan pangsa pasar 3,3 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Dengan menguasai 42,5 persen pasar ponsel cerdas, Apple nyaman berada di posisi kedua mengungguli Windows Phone atau Blackberry OS.

Sistem operasi Microsoft Windows Phone hanya menguasai empat persen pasar ponsel cerdas di Amerika Serikat pada triwulan II 2013. Penguasaan itu mengalami peningkatan bila dibandingkan periode yang sama tahun lalu, yaitu 2,9 persen.

Blackberry justru terus kehilangan pasar di Amerika Serikat, meskipun meluncurkan sistem operasi baru awal tahun ini. Penguasaan pasar ponsel cerdas oleh Blackberry triwulan II tahun ini hanya 1,1 persen, menurun dibandingkan periode yang sama tahun lalu yaitu empat persen.

Penerjemah: Dewanto Samodro
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2013