Milan (ANTARA News) - Sebuah gol dari tendangan bebas yang dilepaskan Emanuele Calaio pada menit-menit terakhir membawa Genoa secara mengejutkan memetik hasil seri 1-1 di kandang Napoli dini hari tadi, sedangkan Fiorentina juga tak berhasil meraih nilai penuh setelah ditahan 2-2 oleh tuan rumah Parma.

Napoli sepertinya akan meraih poin penuh di San Paolo setelah Gonzalo Higuain menyambut umpan Marek Hamsik untuk menaklukan kiper Mattia Perin pada menit 18.

Namun tim asuhan Rafael Benitez ini gagal mempertahankan keunggulan untuk membayar kealpaan itu kurang dari 10 menit dari bubaran ketika Genoa mendapatkan satu tendangan bebas menyusul pelanggaran oleh Dries Mertens yang membuat pemain Belgia ini mendapat kartu kuning.

Calaio yang berstatus pemain pinjaman dari Napoli ini menjadi eksekutor tendangan bebas ini dan dari sekitar 30 meter dia mengecoh Pepe Reina.

Alih-alih menipiskan defisit poin dari peringkat kedua Roma menjadi empat poin, Napoli kini malah enam poin di bawah klub asuhan Rudi Garcia itu yang mereka sendiri tertinggal sembilan poin dari pemimpin klasemen Juventus.

Fiorentina tetap di urutan empat, enam poin di bawah Napoli, kendati La Viola mesti berterimakasih kepada Mati Fernandez yang menyelamatkan mereka dari kekalahan pada lima menit menjelang laga selesai.

Tuan rumah memecah kebuntuan melalui striker Antonio Cassano enam menit menjelang babak pertama berakhir, namun dua menit kemudian disamakan Juan Cuadrado setelah memanfaatkan umpan Alessandro Matri untuk menaklukan kiper Antonio Mirante.

Amauri yang mantan pemain Fiorentina mengembalikan keuggulan Parma pada menit 51 dari titik penalti setelah Nenad Tomovic melanggar Jonathan Biabiany.

Tim tamu kembali mendapat pukulan hebat dua menit kemudian setelah Modibo Diakite diusir ke luar lapangan karena menerima kartu kuning kedua sehabis melanggar Cassano.

Kendati kehilangan seorang pemain, Fiorentina terus menekan dan kemudian mendapat ganjarannya lewat tendangan bebas Fernandez yang tak bisa dijangkau kiper Mirante.

Parma memasukkan Raffaele Palladino dan semenit kemudian nyaris menciptakan gol lewat sundulannya yang melebar dari gawang.

Pertandingan berakhir seri, namun diwarnai insiden buruk ketika Borja Valero dan Gianni Munari diusir ke luar lapangan pada empat menit waktu tambahan.

Sehari sebelumnya gol Carlos Tevez pada menit 14 membawa Juventus memenangkan laga derby dengan Torino lewat skor 1-0 untuk menjauhkan Roma sembilan poin di bawah pemimpin klasemen Serie A itu.

Roma sempat menyempitkan perbedaan poin ini menjadi enam setelah menang 1-0 di kandang Bologna Sabtu pekan lalu.

Adel Taarabt dan Adil Rami membawa AC Milan menang 2-0 dari Sampdoria untuk terus bangkit di Serie A yang di bawah pelatih baru Clarence Seedorf kini lima poin di bawah Inter dalam zona kualifikasi Liga Europa, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014