Mulai besok kami lakukan latihan taktik hingga jelang pertandingan uji coba lawan Malaysia,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Pelatih Tim Nasional Indonesia U-23, Aji Santoso mengaku belum menetapkan format permainan dalam laga persahabatan melawan tim Malaysia pada Rabu, 5 Maret 2014.

"Apakah nanti format yang dimainkan 4-4-2 atau 4-3-3 belum ditentukan saat ini. Nanti lihat formasi apa yang akan digunakan," kata Aji Santoso usai melakukan latihan di Lapangan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Rabu.

Menurut dia, untuk menentukan formasi, harus ditentukan performa dari semua pemain yang ada.

"Latihan hari ini belum menentukan formasi, nanti jelang pertandingan soal itu," katanya.

Ia mengatakan, memperkuat suatu tim sepakbola tidak bisa dilakukan hanya sekejap. Artinya, suatu tim kesebelasan bisa tangguh bila pemain melakukan latihan bersama secara kontinyu atau berkelanjutan.

"Pemusatan latihan juga berlaku bagi Tim Nasional Indonesia U-23. Meski pemain-pemain yang ada sudah memiliki skil yang cukup, tapi latihan bersama tetap harus dilakukan," katanya.

Aji mengatakan, latihan taktik tidak bisa dilakukan sekali, dua kali, tapi harus kontinyu.

"Konsentrasi latihan selama dua hari ini belum fokus pada taktik stategi permainan, baru menguji fisik dan kemampuan dasar bagi pemain.

"Sudah ada 26 pemain yang melakukan uji test tersebut. Masih ada dua pemain yang belum datang ke Yogyakarta karena masih ada keperluan dengan klubnya masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, konsentrasi pada latihan taktik baru akan dilakukan pada Kamis, 27 Februari hingga seterusnya.

"Mulai besok kami lakukan latihan taktik hingga jelang pertandingan uji coba lawan Malaysia," katanya.

(V001/H008)

Pewarta: Victorianus SP
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2014