Jakarta (ANTARA News) - Sebuah penelitian terbaru menunjukkan, "kloning" dari permainan Flappy Bird menyumbang sepertiga dari permainan iOS yang diluncurkan dalam 24 jam.

Penelitian oleh The Guardian mencatat, antara pukul 05.00 pada 26 sampai pukul 05.00 pada 27 Februari, terdapat 293 permainan iOS yang masuk ke App Store, dan 95 di antaranya "sangat terinspirasi" oleh Flappy Bird.

Di antaranya adalah Tappy Bieber, Flying Mustache, Flappy The City Flyer, Crazy Dodo Pro, Flappy Beard Hipster Quest dan A Floppy Floppy Flying Disk in The Land of 8 Bit Retro Game.

Peneliti juga menunjukkan bahwa aplikasi yang dirilis sebelumnya seperti Flappy Wings, Hoppy Frog, Flying Cyrus - Wrecking Ball dan Splashy Fish, masuk dalam daftar permainan terpopuler di Amerika Utara dan Inggris.

Laporan terbaru menunjukkan, Apple dan Google telah menolak judul aplikasi yang memuat kata "flappy".

Seperti diketahui sebelumnya, kreator Flappy Bird menarik permainan populer ini dari toko aplikasi online awal bulan ini, serta mengklaim bahwa permainan tersebut terlalu membuat candu, demikian mengutip laporan digitalspy.com

Penerjemah:
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014