Baru saja selesai berbicara dengan Presiden sementara Ukraina (Oleksandr) Turchynov."
London (ANTARA News/AFP) - Menteri Luar Negeri Inggris William Hague akan mengunjungi Kiev, Ukraina, pada Minggu (2/3) guna bicara dengan pemerintah sementara Ukraina seiring meningkatnya ketegangan dengan Rusia terkait keadaan di Crimea, demikian juru bicara Kemlu Inggris, Sabtu.

Juru bicara itu tidak memiliki rincian lebih lanjut tentang rencana perjalanan Hague ke Kiev, tetapi Menlu Inggris melalui akun Twitter pribadinya pada Jumat malam (28/2) berkicau: "Baru saja selesai berbicara dengan Presiden sementara Ukraina (Oleksandr) Turchynov."

"Saya akan melakukan perjalanan ke Kiev pada hari Minggu untuk pembicaraan dengan pemerintah baru Ukraina," catat Hague di akun Twitter-nya.

Presiden sementara Ukraina, Turchynov, pada Jumat telah mengimbau kepada Presiden Rusia Vladimir Putin untuk "menghentikan provokasi militer", dan menarik pasukannya dari Crimea, setelah kelompok bersenjata pro-Rusia menduduki gedung-gedung pemerintah dan parlemen Ukraina di ibukota Simferopol.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris David Cameron juga telah menghubungi Putin untuk menekankan pentingnya menghormati integritas teritorial Ukraina.
(Uu.Y012)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014