... kunjungan Michelle (50), fokus pada kekuatan dan pentingnya pendidikan... "
Washington (ANTARA News) - Gedung Putih memastikan Ibu Negara Amerika Serikat, Michelle Obama, akan melakukan kunjungan pertamanya ke China 19-26 Maret dan bertemu dengan timpalannya, Ibu Negara Cina, Peng Liyuan.

Sepekan berada di China bagi Michelle merupakan cerminan betapa penting perkuatan hubungan kedua negara itu. 

Michelle dijadwalkan bertemu Peng pada bulan Juni tahun lalu ketika suaminya Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dan Presiden China, Xi Jinping, mengadakan pertemuan puncak mini di California; tapi dia tertahan di Washington.

Pada perjalanan mendatang, dia akan ditemani putrinya Malia (15), dan Sasha (12), serta ibu Michelle, Marian Robinson.

Peng, 51, seorang penyanyi folk populer di China sebelum menikah dengan Xi. Saat ini ia adalah seorang dekan akademi seni Tentara Pembebasan Rakyat.

Menurut Gedung Putih, kunjungan Michelle (50), fokus pada kekuatan dan pentingnya pendidikan, baik dalam hidupnya sendiri dan dalam kehidupan generasi muda di kedua negara.

Menurut rencana awal, Michelle akan tinggal di Beijing pada 20-23 Maret, kemudian melanjutkan perjalanan ke Chengdu pada 25-26 Maret.

Dia akan mengunjungi sekolah-sekolah tinggi di kedua kota, serta universitas di ibukota.

Michelle mendorong para siswa di Amerika Serikat untuk mengikuti perjalanannya dengan mengunggah informasi perjalanannya.

"Saya akan mengunggah blog perjalanan sehari-hari, lengkap dengan video dan foto, dan saya akan menjawab pertanyaan dari anak-anak di seluruh penjuru Amerika (Serikat) saat saya di jalan," tulisnya dalam pesan kepada anak-anak sekolah.

Rincian lebih lanjut tentang perjalanannya akan diumumkan dalam beberapa pekan mendatang.

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2014