Jakarta (ANTARA News) - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) meminta perkantoran dan pusat perbelanjaan di Jakarta wajib memiliki armada angkutan sampah sendiri.

"Kantor dan mall harus punya truk sendiri untuk ngangkut sampah. Jangan truk kami yang mengambil mengangkut sampah kalian, terus mereka ngasih tips ke supir kita, malah supir kami jadi objek nantinya," kata Ahok di Balaikota, Rabu.

Sebagai antisipasi, Pemda DKI Jakarta akan memperbaiki gaji dan tunjangan para petugas kebersihan termasuk supir pengangkut sampah.

Nantinya, gaji petugas kebersihan di lapangan akan dinaikkan sehingga sama dengan standar Upah Minimum Provinsi (UMP).

Namun dengan adanya perbaikan gaji para petugas, Ahok berharap petugas kebersihan bisa meningkatkan kinerjanya.

"Semua pekerja di tempat pengelolaan sampah bisa sampai tengah malam. Kami akan biasakan ngangkut sampah tengah malam. Tengah malam saja kita hajar. Kalau siang ngangkut dua rit, kalau malam empat rit," katanya.

Lebih lanjut Ahok mengatakan mempersilakan pihak swasta mengambil alih pengelolaan sampah DKI Jakarta yang berakhir di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu (TPST) Bantar Gebang Bekasi yang sekarang dikelola PT Godang Tua Jaya setelah kontrak dengan PT Godang Tua Jaya selesai.

Pewarta: Ida Nurcahyani
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2014