Kita harus menjaga pembangunan ekonomi
Beijing (ANTARA News) - China mengatakan pihaknya menargetkan pertumbuhan ekonomi tahun ini "sekitar 7,5 persen", mempertahankan penanda yang diawasi ketat pada perkiraan yang sama seperti tahun lalu.

Pengumuman target datang dalam sebuah pidato yang akan disampaikan oleh Perdana Menteri Li Keqiang ke sidang tahunan Kongres Rakyat Nasional, lembaga legislatif pemberi stempel China.

Ekonomi kedua terbesar di dunia itu tumbuh 7,7 persen pada 2013.

Meningkatnya kemakmuran adalah bagian penting dari klaim untuk melegitimasi Partai Komunis di China, dan pemerintah biasanya menetapkan target pertumbuhan konservatif yang secara teratur terlampaui.

"Kita harus menjaga pembangunan ekonomi sebagai tugas sentral dan mempertahankan tingkat pertumbuhan yang tepat," kata Li, menurut teks pidatonya, Rabu.

"Atas dasar perbandingan yang cermat dan berulang kali mempertimbangkan berbagai faktor serta mempertimbangkan apa yang dibutuhkan dan apa yang mungkin, kita menetapkan target pertumbuhan sekitar 7,5 persen."

Li juga mengatakan, pemerintah akan mempertahankan target indeks harga konsumen (CPI) sekitar 3,5 persen, sama seperti tahun lalu.

(A026)


Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2014