Sumbar terpilih menjadi daerah percontohan karena sebelumnya memiliki sejarah dalam lahirnya Pancasila,"
Padang, Sumbar (ANTARA News) - Sumatera Barat (Sumbar) terpilih menjadi daerah percontohan sosialisasi karakter Pancasila di Indonesia untuk mewewujudkan masyarakat bermartabat melalui penanaman karakter Pancasila.

"Sumbar terpilih menjadi daerah percontohan karena sebelumnya memiliki sejarah dalam lahirnya Pancasila," kata penyuluh karakter Pancasila yang juga Ketua Dewan Pengawas Perum LKBN Antara, Zaim Uchrowi di Padang, Jumat.

Ia mengatakan karakter Pancasila harus dihayati dan dijalankan sehingga semuanya bisa menjadikan masyarakat berhasil dalam semua kegiatan.

Ia menekankan karakter Pancasila harus dijiwai untuk menjadi pedoman dalam kehidupan sehari-hari. Ia mencontohkan untuk mempedomani karakter Pancasila bisa dilakukan secara sederhana.

"Sukses seseorang erat kaitannya dengan karakter Pancasila. Lima kiat sukses jika mempedomani karakter Pancasila maka kehidupan akan berhasil," katanya.

Ia menjelaskan tahap awal setiap orang harus memiliki keyakinan yang kuat. Setelah itu akan muncul kesadaran untuk menciptakan sikap. untuk melakukan tindakan yang kuat dan bermuara pada hasil yang bagus.

Ia menyebutkan contoh sederhana itu persis dengan lima karakter Pancasila yakni kecayakinan dengan usaha berdoa, kesadaran dengan memiliki cita-cita, sikap dengan bekerja keras, tindakan dengan bekerja sama serta hasil berhijrah ketempat yang lebih baik.

"Dengan demikian kiat sukses karakter pancasila adalah berdoa, bercita-cita, bekerja keras, bekerja sama dan berhijrah,"sebutnya.

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat membuka secara resmi sosialisasi karakter Pancasila memberikan apresiasi kepada Perum LKBN Antara yang memilih Sumbar sebagai percontohan untuk sosialisasi karakter Pancasila di Indonesia.

Ia mengatakan sosialisasi karakter pancasila sangat penting dilakukan dalam rangka menghayati dan mengamalkan isi Pancasila itu sendiri.

"Saya kira semua kita hafal dengan Pancasila. Namun pertanyaannya apakah semuanya menghayati dan mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari," katanya.

Ia menilai sosialisasi karakter Pancasila penting dilakukan untuk dijadikan pedoman hidup karena saat ini sudah banyak masyarakat yang melupakan Pancasila.

"Mudah-mudahan sosialisasi karakter Pancasila ini bisa nantinya ditularkan ke semua lapisan masyarakat terutama ke genarasi muda," katanya.

Direktur Utama LKBN Antara, Saiful Hadi mengatakan terpilihnya Sumbar sebagai percontohan sosialisasi karakter Pancasila tentunya tidak terlepas dari sejarah masa lampau yang kuat dalam rangka melahirkan Pancasila.

"Mudah-mudahan sosialisasi ini bisa menjadi pelecut semangat geneasi muda untuk bisa sukses dengan berpedoman kepada karakter Pancasila. Marilah kita semua bisa menerapkan karakter Pancasila ini," ajaknya.

Sosialisasi karakter Pancasila ini diselenggarakan oleh Biro LKBN Antara Sumbar dan diskusi langsung dipimpin oleh Direktur SDM dan Umum Perum LKBN Antara, Naufal Mahfudz.

Dihadiri oleh guru-guru sekolah, perguruan tinggi, Satuan Kerja Parangkat Daerah (SKPD), ninik mamak, bundo kanduang dan peserta lainnya.(*)

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2014