Jakarta (ANTARA News) - Arsenal melaju ke semifinal Piala FA demi meretas jalan untuk memenuhi dahaga tanpa gelarnya selama sembilan tahun setelah malam ini di kandangnya di Emirates Stadium menggunduli Everton 4-1 dalam perempatfinal Piala FA.

Arsenal tampil agresif di kandangnya sendiri dengan menguasai pertandingan sejak babak pertama lewat 57 persen penguasaan bola dan 10 upaya gol yang empat diantaranya tepat mengarah ke gawang, dan kemudian berlipat ganda pada babak kedua.

Dua pemain muda kedua kubu, Alex Oxlade-Chamberlain dari Arsenal dan pemuda muda Everton Ross Barkley sukses menunjukkan kualitas bermainnya pada babak pertama.

Pertandingan baru berjalan tujuh menit, Arsenal sudah unggul 1-0 setelah umpan terobosan dari Santi Cazorla gagal dihadang barisan pertahanan Everton untuk diteruskan Mesut Ozil lewat tendangan pelan dari kaki kiri yang masuk ke sudut gawang Everton yang dijaga Joel Robles.

Arsenal tak berhenti menyerang dengan beberapa kali berupaya menambah gol, namun pada menit 37 Everton menyamakan kedudukan 1-1.

Gelandang timnas Inggris Ross Barkley menusuk membawa bola untuk diakhirinya dengan umpan sempurna kepada Kevin Mirallas namun tembakan Mirallas berhasil diblok Lukasz Fabianski namun bola jatuh dikuasai Romelu Lukaku yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang Arsenal.

Kedudukan 1-1 ini bertahan hingga babak pertama usai, namun memasuki babak kedua Arsenal tampil tak tertahankan dengan mencetak tiga gol.

Mikel Arteta menciptakan gol kedua Arsenal dari titik penalti pada menit 68 yang memacu semangat para pemain Arsenal untuk terus menciptakan gol.

15 menit kemudian Olivier Giroud menciptakan gol ketiga, dan hanya dua menit dari gol ini Giroud menciptakan gol keempat Arsenal atau keduanya guna mengantarkan The Gunners menang 4-1.

Susunan pemain:
Arsenal: Lukasz Fabianski, Bacary Sagna, Per Mertesacker, Thomas Vermaelen, Kieran Gibbs, Mikel Arteta, Mesut Özil, Alex Oxlade-Chamberlain (Tomas Rosicky), Santi Cazorla, Mathieu Flamini, Yaya Sanogo (Olivier Giroud)

Everton: Joel Robles, Leighton Baines, Sylvain Distin, Seamus Coleman, John Stones, Kevin Mirallas (Aiden McGeady), James McCarthy, Gareth Barry, Ross Barkley (Gerard Deulofeu), Steven Pienaar (Leon Osman), Romelu Lukaku

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2014