Pengungsi Afrika itu berusaha pergi ke Yaman melalui Teluk Aden dan Laut Merah.
Sana'a (ANTARA News/Xinhua-OANA) - Sebanyak 42 pengungsi Afrika tenggelam hingga tewas pada Ahad malam (9/3) di lepas pantai Yaman, setelah perahu mereka terbalik di Teluk Aden, sedangkan 30 orang di perahu dapat diselamatkan, demikian pernyataan Kementerian Pertahanan Yaman.

Kecelakaan tersebut terjadi beberapa kilometer dari Pantai Bir Ali di Provinsi Shabwa, Yaman Selatan, dan penjaga pantai Yaman menemukan 42 mayat pengungsi Afika, 30 orang terselamatkan, dan masih mencari penyintas lain.

Pihak Yaman belum menyebutkan kewarganegaraan para pengungsi itu. Namun, media massa setempat mencatat ada ratusan orang Afrika tenggelam hingga tewas setiap tahun, saat mereka berusaha mencapai Yaman menggunakan perahu yang dipenuhi penumpang.

Pengungsi Afrika itu berusaha pergi ke Yaman melalui Teluk Aden dan Laut Merah, dengan harapan bisa mencapai negara Teluk atau Eropa.

Lebih dari 62.000 pencari suaka, pengungsi, dan pendatang gelap tiba di Yaman dari Tanduk Afrika pada 2013, demikian data dari badan pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
(Uu.C003)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2014